Layanan Bank Eror Saat Tanggal Gajian, Mandiri Kebanjiran Protes Nasabah

Aplikasi Livin' by Mandiri | Foto: Tangkapa layar dari Google Play Store

Cyberthreat.id – Para nasabah Bank Mandiri mengeluh karena tak bisa memakai layanan seluler Livin’ by Mandiri berlogo kuning pada Jumat (25 Februari 2022).

Banyak nasabah yang menyampaikan keluhan tersebut di Twitter.

@mandiricare lu tuh klo mau maintenance kasih pengumuman ke customer, jgn baru eror, keluhan banyak, baru berdalih maintenance. Maintenance kok lama bgt dr pagi belum beres,” tulis akun @MrActinomycetes.

Nasabah lain juga sewot karena gangguan layanan seluler terlalu lama, apalagi terjadi pada saat tanggal gajian para karyawan.

  • Eh mandiri, error livin loe lama banget,” tulis akun @4n664A.
  • Halo @mandiricare ini saya abis top up gopay dari app yang logo kuning kenapa dari tadi saldonya belum masuk ya?Sekarang mau login aja loading terus,” tulis akun @dnkndonuts__
  • “@mandiricare halo min, ini livin by mandiri knp sih dari pagi begini aja ga bisa masuk login page?” tulis akun @sulisameliara sambil memberikan tanda jempol ke bawah.
  • Min,saran klo banyak bug sekalian aja update aplikasi.Klo toh mau maintenance system jgn jam2 kursial gini. Pelayanan jadi tambah buruk,” tulis akun @irsarahmanda1.
  • “Pintar sekali Livin @bankmandiri maintenance saat tanggal gajian,” tutur akun @@pveyes.


Keluhan yang dialami nasabah ialah tak bisa login atau masuk ke aplikasi seluler Livin’ by Mandiri. Ketika berada di halaman muka aplikasi, pengguna menunggu loading yang lama dan akhirnya muncul tulisan, “Belum berhasil terhubung. Kami sedang mengeek hal ini. Silakan coba lagi atau kembali beberapa saat lagi, ya”.

Di akun Twitter (@mandiricare), Bank Mandiri menjelaskan bahwa memang sedang terjadi gangguan pada aplikasi Livin’ by Mandiri logi kuning.

Halo Bpk/Ibu, mohon maaf atas ketidaknyamanan yg dialami. Saat ini sedang dilakukan pemeliharaan sistem pada layanan Livin’ by Mandiri (logo kuning). Mohon utk dpt melakukan pengecekan secara berkala, ya,” demikian pemberitahuan admin Mandiri Care di Twitter.

Sebagai informasi, untuk alternatif melakukan transaksi melalui layanan e-channel, Bpk/Ibu dapat juga melakukan transaksi melalui Mandiri SMS Banking, USSD *14116# dan Mandiri ATM. Semoga sehat selalu.”

Awas penipuan

Di tengah gangguan layanan tersebut, seorang nasabah mengaku hampir terkena penipuan oleh orang yang mengaku dari Bank Mandiri.

Pengalaman tersebut diceritakan oleh akun Minverva (@diamondgoldgurl). Ia pun langsung melaporkan kepada akun @mandiricare dan @bankmandiri.

Jd tadi gue complain ke twitter bank mandiri kalo aplikasi livin mandiri lagi gangguan dan ga bisa transaksi, dan tiba-tiba banyak akun bodong yang ngakunya cs dr bank mandiri, dan ngarahin untuk klik link wa yang mereka kasih,” tulis Minerva.

Ia sempat melakukan komunikasi dengan akun palsu itu melalui aplikasi WhatsApp karena tidak teliti saat melihat username akun tersebut.

Dalam obrolan itu, Minerva bertanya mengapa aplikasi Livin’ By Mandiri (logo kuning) tak bisa dipakai untuk transaksi. Orang yang mengaku admin Bank Mandiri itu lalu memberikan sejumlah pertanyaan.

Ia curiga ketika admin tersebut menanyakan sisa saldo di rekening Bank Mandirinya. “Gue langsung yakin kalo ini penipuan,” tulisnya.

Karena udah yakin kalo ini penipuan, ya akhirnya ga gue bales chat dari si cs abal-abal ini, tapi bbrp menit kemudian dia ngechat lagi "mohon mohon untuk di respon". akhirnya gue jawab iseng aja nominal saldo ada berapa dan gue langsung di telfon sama mereka,” katanya.

Dalam panggilan telepon itu, admin palsu itu menanyakan kembali jenis rekening dan nominal saldo, tapi dijawab oleh Minerva asal-asalan. Ia pun kembali mengirimkan pesan agar tak perlu menelepon lagi dan nomor tersebut langsung diblokir.

Pokoknya hati-hati ya guys, dan lain kali lebih detail juga sama hal-hal kayak gini,” tulis Minerva.

Ia juga melaporkan hal itu kepada akun Twitter @bankmandiri. “@bankmandiri halo min, tolong ditindak lanjuti ya akun akun bodong kayak gini, biar ngga ada yang kena tipu nextnya. Thank you,” tulisnya.

Dalam sebuah unggahan, akun @bankmandiri memberikan penjelasan bahwa akun resmi Bank Mandiri terdapat centang biru (verified).

Mereka mengigatkan agar hati-hati terhadap akun palsu yang mengatasnamakan Bank Mandiri dan meminta data rahasia. Perusahaan pun menjelaskan bahwa saluran WhatsApp Official Bank Mandiri di nomor telepon 0811-84-14000.[]