Hati-hati, Pengguna iOS Harus Instal PeduliLindungi via Tautan, Aplikasi Didepak dari Toko Apple

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi. | Foto: Arsip Kemenkominfo RI

Cyberthreat.id – Sejak beberapa hari terakhir aplikasi PeduliLindungi mendadak hilang dari toko aplikasi untuk pengguna iOS, AppStore.

Hingga Selasa (22 Februari 2022,) aplikasi pelacak Covid-10 yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia itu masih belum muncul. Namun bagi pengguna Android tidak ada masalah karena aplikasi masih tersedia di Google Play Store.

Sejumlah pengguna iOS mengeluhkan tidak bisa mengunduh dan memperbarui aplikasi PeduliLindungi tersebut.

Hmm, PeduliLindungi kok hilang dari Appstore,” kata akun Twitter @Evnar.

“Baru nyadar aplikasi PeduliLindungi hilang di AppStore, lah gimana nasib user iPhone kalua mau scan barcode?” ujar akun Twitter @Lucitik.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, membenarkan jika aplikasi PeduliLindungi telah hilang dari AppStore dikarenakan adanya masalah terkait status yang berubah menjadi privat dari apikasi tersebut.

Kementerian Kominfo telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait dengan status aplikasi PeduliLindungi di App Store.

“Perlu kami informasikan bahwa sedang terjadi perubahan status PeduliLindungi di App Store sehingga PeduliLindungi tidak muncul melalui kolom pencarian,” kata Dedy Kepada Cyberthreat.id, Selasa.

Dedy menyebutkan, saat ini Kementerian Kesehatan sedang berkoordinasi dengan pihak Apple Amerika Serikat terkait masalah tersebut. Mereka juga tengah mengusahakan agar PeduliLindungi dapat kembali publik melalui proses reupload aplikasi.

“Dari Kemenkes katanya sudah kontak ke Apple kemarin, namun memang satu-satunya cara hanya reupload aplikasi baru,” sebut Dedy.

Sembari menunggu proses reupload, Dedy menyarankan masyarakat untuk mengakses link alternatif https://apps.apple.com/us/app/pedulilindungi/id1504600374 untuk langsung terhubung dengan aplikasi PeduliLindungi di App Store.

Cyberthreat.id pun mencoba untuk mengunduh dari tautan tersebut dan langsung terhubung ke PeduliLindungi di AppStore. Aplikasi bisa bekerja secara normal.

Dengan pengujian di Virus Total, URL tersebut juga tergolong aman.

Dikarenakan menggunakan tautan seperti itu, penggunaa diharapkan untuk selalu berhati-hati dan mencermati nama URL yang disarankan oleh Kementerian Kominfo tersebut.

Penggunaan URL tersebut sangat riskan untuk ditiru oleh penjahat siber.[]

Redaktur: Andi Nugroho