NEWS : Freenternet Tawarkan Internet Gratis, Mungkinkah?

Freenternet Tawarkan Internet Gratis, Mungkinkah?

Freenternet Tawarkan Internet Gratis, Mungkinkah?
Ilustrasi
Arif Rahman Sabtu, 13 Juli 2019 - 23:56 WIB

Jakarta, Cyberthreat.id - Pernahkah anda berpikir menggunakan internet gratis seumur hidup tanpa membayar sepeser pun. Konsep inilah yang coba ditawarkan Freenternet kepada masyarakat Indonesia.

Di situsnya Freenternet.com menyebut dirinya sebagai layanan koneksi internet gratis melalui mobile WiFi modem (MiFi).

Para pengguna perangkat MiFi tersebut akan mendapatkan koneksi internet gratis, tanpa batas pemakaian, tanpa harus membeli atau mengisi ulang paket data.

Lantas dari mana biaya koneksi yang biasa dibebankan kepada pengguna?

Freenternet mengatakan selama pemakaian internet berlangsung akan muncul jeda iklan secara berkala seperti layaknya siaran televisi dan radio swasta. 

"Biaya paket data atau pemakaian bandwidth akan terbayarkan oleh iklan-iklan tersebut," demikian pernyataan Freenternet di situsnya.

Bagaimana cara kerja Freenternet?

Penyedia layanan ini membangun empat ekosistem yang terdiri dari operator, pengiklan, Freenternet serta pengguna perangkat MiFi.

Keempat ekosistem tersebut akan bekerja berdasarkan fungsinya masing-masing. Pertama, menjual ruang iklan kepada pengiklan. Hasil penjualan ruang iklan akan digunakan untuk membayar paket data kepada operator seluler.

Kedua, operator seluler akan menyediakan SIM Card beserta paket data. Dari situ operator kemudian mendapatkan pembiayaan dari Freenternet atas pemakaian paket data tersebut.

Ketiga, menjadi Duta Siar Freenternet dengan cara membeli MiFi berisikan SIM Card operator seluler sesuai pilihan. Setelah itu pengguna berhak mendapatkan koneksi internet gratis tanpa isi ulang dengan jeda iklan selama koneksi.

"Berbagi hotspot dengan orang sekitar dan menerima AdShare," tulis pernyataan Freenternet.

Keempat, adalah ruang bagi pengiklan dengan membeli ruang iklan dari Freenternet sekaligus mendapatkan medium komunikasi pemasaran yang terjangkau, tersasar dan terukur.


Standardisasi dan Validasi Teknologi