Anda Ngebut, Google Maps Kini Beri Peringatan Batas Kecepatan

Google Maps | Foto: laptrinhx.com

Cyberthreat.id – Peta digital Google Maps memilki fitur peringatan batas kecepatan yang bisa Anda gunakan saat berkendara.

Ini termasuk fitur baru karena sebelumnya peta Google itu hanya menampilkan arah, waktu, serta kecepatan pengemudi.

Dengan batas peringatan kecepatan itu, pengendara bisa lebih hati-hati saat mengemudi dan memastikan mereka tidak akan didenda. Terlebih banyak pengguna yang seringkali hanya fokus pada jalan dan bukan pada kecepatan kendaraan mereka.

Google akhirnya menciptakan fitur ini untuk meningkatkan kesadaran akan batas kecepatan. Fitur ini pun merupakan fitur bawaan di Google Maps, yang tersedia untuk aplikasi versi Android dan iOS.

Fitur bekerja dengan memberikan peringatan jika mendeteksi bahwa pengguna melampaui batas kecepatan yang telah ditetapkan. Meski belum tersedia secara global, tapi Google sedang meluncurkannya secara bertahap di beberapa negara.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, pengguna Android dan iOS harus memperbarui dahulu aplikasi Google Maps.

Dikutip dari GizBot, diakses Rabu (5 Januari 2022), berikut beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengatur batas kecepatan di Google Maps

  • Pertama-tama, buka Google Maps versi terbaru di ponsel Android atau iOS milik Anda.
  • Kemudian, klik ikon “Profil” atau inisial Anda di sudut kanan atas layar, dan buka “Settings”.
  • Sekarang, gulir ke bawah dan klik “Navigation Settings”
  • Pilih opsi “Speed Limit Settings” dan gulir ke bawah, lalu klik “Driving”.
  • Terakhir, nyalakan Batas Kecepatan dan Speedometer.

Setelah mengaktifkannya, Anda bisa langsung menggunakannya. Nanti, setiap kali Anda melewati batas kecepatan mengemudi, Google Maps akan mengeluarkan pemberitahuan jika anda telah melewati batas kecepatan mengemudi.[]

Redaktur: Andi Nugroho