Pengguna iOS Keluhkan Aplikasi Livin’ by Mandiri Eror

Aplikasi Livin' by Mandiri | Foto: Tangkapan layar di App Store

Cyberthreat.id–Sejumlah nasabah Bank Mandiri mengeluhkan tak bisa mengakses aplikasi perbankan seluler (mobile banking) Livin’ by Mandiri pada Kamis (18 November 2021). Gangguan ini ternyata sudah dikeluhkan oleh nasabah di media sosial sejak kemarin.

Ketika membuka aplikasi tersebut di ponsel pintar berbasis iOS (iPhone) muncul pemberitahuan: "Terdapat Gangguan. Proses memuat belum berhasil. Silahkan coba lagi", seperti tangkapan di bawah ini:

Sejumlah pengguna Twitter menyampaikan keluhan gangguan itu sambil menyebut ke akun Bank Mandiri.

"Ini mandiri mobile kenapa ya? Dari kemaren lho... begini terus @bankmandiri," tulis pengguna akun @RAyuSaputri

"@bankmandiri @mandiricare kok aplikasi mbank saya ga bisa ya? Reportnya seperti pada gambar, ada apa ya?" cuit akun @ttassyya.

Sejauh ini belum ada penjelasan resmi dari Bank Mandiri. Namun, Cyberthreat.id mengontak layanan pelanggan Bank Mandiri di nomor 14000, petugas mengatakan terdapat “penyesuaian aplikasi”.

"Mohon maaf sekali, untuk saat ini Livin' by Mandiri yang lama sedang ada penyesuaian pada iOS 15, Pak. Jadi, untuk prosesnya berapa lama kita belum bisa mengetahui," kata petugas tersebut saat dihubungi, Kamis.

Sewaktu artikel ini ditulis, Cyberthreat.id menggunakan iPhone 8 Plus yang telah diperbarui sistem operasi ke iOS 15.



Menurut petugas tersebut, jika nasabah ingin bertransaksi menggunakan mobile banking disarankan untuk mengunduh aplikasi Livin' by Mandiri terbaru yang menggunakan logo berwarna kuning. “Nasabah disarankan untuk mengunduh aplikasi tersebut dari penyedia aplikasi tepercaya,” ujarnya.

Setelah berhasil mengunduhnya, nasabah diminta memasukkan 14 digit kartu debit atau kartu kredit beserta bulan dan tahun aktifnya kartu yang dimiliki.

Kemudian, nasabah juga akan diminta untuk memasukkan tanggal lahir. Sesudah itu, nasabah akan diminta memasukkan kode OTP (One Time Password) untuk melakukan verifikasi pengguna.

Cyberthreat.id akan memperbarui berita ini segera setelah mendapatkan penjelasan resmi dari Bank Mandiri apa yang menjadi penyebab gangguan khusus pengguna iOS.[]

Redaktur: Andi Nugroho