Chrome Android Akan Tampilkan Tautan Hasil Pencarian Berbentuk Bilah di Bagian Atas Browser

Google Chrome | wallpapercave.com

Cyberthreat.id – Google akan membuat perubahan di tampilan browser andalannya, Google Chrome. Perusahaan raksasa internet itu sedang menguji fitur baru untuk Chrome Android yaitu menempatkan bilah (tab) tautan hasil pencarian di bagian atas jendela browser.

Pengguna akan dibuat mudah untuk mengetahui apa saja tautang yang  berkaitan dengan kata kunci yang sedang dicari. Ini mirip halnya saat memakai Chrome versi desktop, lalu pengguna membuka alamat di banyak bilah.

Saat ini, untuk membuka banyak bilah, Chrome memang sudah bisa melakukannya, tapi pengguna harus berpindah bilah dulu. Namun, dalam desain fitur baru, pengguna tidak perlu pergi antarbilah bila ingin mengunjungi tautan yang berkaitan dengan topik yang sedang dicari di bagian atas jendela browser.

Saat Cyberthreat.id mencoba fitur tersebut, fitur tersebut belum stabil menampilkan tautan, kadang muncul tautan, kadang tidak. Barulah, ketika ditutup kembali, lalu melakukan pencarian ulang, fitur kembali aktif menampilkan tautan, seperti di bawah ini:


Lihat di bagian kotak warna kuning.


Fitur baru tersebut dijuluki “Continuous Search Navigation”, demikian dikutip dari 9to5Google, diakses Selasa (13 Juli 2021).

Anda yang ingin menguji coba fitur tersebut perlu mengaktifkannya terlebih dulu. Caranya:

  • Ketik di bilah alamat: chrome://flags
  • Cari fitur “Continuous Search Navigation” tertulis di bagian deskripsi “memungkinkan pengalaman pencarian yang lebih mulus.”
  • Ada tiga pilihan “default”, “enabled”, dan “disabled”. Anda pilih “enabled”.
  •  Di bagian bawah, terdapat tombol “Relaunch”. Klik tombol tersebut, browser akan me-refresh otomatis untuk membuat perubahan.
  • Kini, Anda bisa menguji coba fitur tersebut.[]