Browser Microsoft Edge Bikin ‘Mode Anak’ untuk Berinternet

Microsoft Edge | Foto: Microsoft

Cyberthreat.id – Peramban web bawaan Windows 10, Microsoft Edge, dalam waktu dekat akan merilis fitur baru berupa “Mode Anak” yang membantu anak-anak tetap aman selama berselancar di internet.

“Mode Anak” tersebut dapat diaktifkan sesuai kebutuhan sehingga orangtua bisa mengontrol aktivitas anak. “Mode baru ini ditujukan untuk anak-anak usia antara 5-12 tahun,” demikian seperti dikutip dari BleepingComputer, diakses Rabu (17 Februari 2021).

Selain itu, mode tersebut bakal memberi pengalaman berselancar secara terbatas, karena berisi mesin pencari Bing SafeSearch, konten-konten ramah anak, dan akses terbatas hanya untuk situs web ramah keluarga.

Hal yang menyenangkan tentang mode baru itu ialah pengguna tidak perlu mengatur mode keluarga Windows atau instal perangkat lunak kontrol orangtua.

Sebagai gantinya, pengguna cukup mengklik tombol profil dan memilih fitur “Browse in Kids Mode”. Tampilannya seperti di bawah ini:



Setelah diaktifkan, browser akan masuk ke mode layar penuh dan menampilkan latar belakang yang cocok untuk keluarga, dengan bidang “Bing SafeSearch” dan sejumlah tautan cepat ke situs web anak populer.

Untuk keluar dari “Mode Anak”, orangtua harus memasukkan sandi mereka sehingga anak-anak tak mungkin bisa keluar tanpa izin.

Fitur ini sekarang masih tersedia di Edge Canary dan akan segera diluncurkan ke saluran Edge Dev.[]