Luncurkan ‘Krasmart Connect’, PT Krakatau Steel Siapkan Marketplace Produk Baja di Indonesia

PT Krakatau Steel | Foto: wartaekonomi.co.id

Cyberthreat.id – Merespons perubahan di era digital, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada Jumat (11 Desember 2020) meluncurkan aplikasi Krasmart Connect guna meningkatkan pelayanan konsumen secara daring.

Direktur Utama PT Krakatau Steel Silmy Karim menuturkan, transformasi digital yang dilakukan perusahaan untuk menjawab kebutuhan konsumen akan kecepatan, kegesitan, dan efisiensi waktu dalam melakukan aktivitas bisnis.

Krasmart Connect dikembangkan sesuai dengan kebutuhan konsumen berdasarkan riset yang dilakukan, kemudian dilakukan SMPP (Sorting Most Pain Point) bagi konsumen menjadi MVP (Minimum Viable Product).

Dalam pengembangan ke depan, Krasmart Connect dirancang untuk dapat melakukan order placement (penjualan produk baja secara daring) dan after sales service  (penanganan keluhan dari konsumen).

“Kami berharap aplikasi ini dapat menjadi sebuah lompatan besar bagi Krakatau Steel dalam pengembangan penjualan produk baja, karena ke depan transaksi bisnis akan didominasi oleh aplikasi berbasis teknologi digital,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Krasmart Connect adalah titik awal Krakatau Steel dalam pengembangan aplikasi e-commerce yang selanjutnya akan dilengkapi dengan fitur transaksi dan pembiayaan sehingga di tahun 2021, Krasmart Connect akan menjadi platform marketplace produk baja di Indonesia,” jelas Silmy.

Transformasi digital di perusahaan milik negara tersebut sebetulnya telah dimulai sejak membangun Digital Control Tower (DCT) yang memberikan informasi secara real-time kondisi di berbagai fungsi, seperti operasi, komersial dan keuangan, serta penjualan.

Saat ini produk digital lain yang sudah diimplementasikan Krakatau Steel bagi pengguna internal dan eksternal adalah aplikasi Sales Go (berbasis seluler dan situs web) yang membantu memudahkan pengecekan aktivitas penjualan.

Silmy mengatakan, melalui aplikasi Krasmart Connect dapat memberikan transparansi dan kendali. Aplikasi ini memiliki visibilitas atas harga dan status order yang akan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Krakatau Steel akan menjadi mitra yang proaktif dan responsif ketika konsumen membutuhkannya untuk memastikan bisnis konsumen berjalan dengan lancar.

Transparansi status order melalui fitur production schedulling, misalnya, akan berdampak pada downstream maupun end customer. Fitur ETA (Estimated Time of Arrival) untuk pengiriman juga mempermudah konsumen dalam pengaturan logistiknya.

Dengan menggunakan aplikasi Krasmart Connect, Order Management System dapat terpantau secara real-time oleh konsumen.

Krasmart Connect membantu konsumen agar dapat memprediksi pesanan apa yang dibutuhkan di kemudian hari agar konsumen dapat lebih akurat dan efisien dalam perencanaan operasional ke depan,” ujar Silmy.

“Konsumen butuh barang dengan kuantitas dan waktu tertentu,” ujarnya, “Sedangkan Krakatau Steel membutuhkan perencanaan produksi dan manajemen logistik yang lebih pasti sehingga saling melengkapi yang dipermudah dengan aplikasi ini.”

Dalam melakukan pembangunan aplikasi digital, Krakatau Steel melibatkan PT Krakatau Information Technology, anak usaha Krakatau Steel yang bergerak di bidang teknologi informasi.

PT Krakatau Information Technology juga mengembangkan bisnis ke luar Krakatau Steel Group dengan memberikan solusi Information and Communication Technology terpadu seperti ERP/SAP, business solution application, business intelligence, automation electrical instrumentation control (AEIC), dan cybersecurity.[]