Tak Seperti Facebook, Media Sosial MeWe Janjikan Privasi dan Tak Melacak Pengguna untuk Iklan

Ilustrasi via Youtube

Cyberthreat.id - Platform MeWe kian bertumbuh sebagai media sosial alternatif yang menjanjikan privasi dan bebas iklan. Berdiri sejak 2013, pengguna MeWe kini telah mencapai 9 juta orang di seluruh dunia.

Dianjurkan oleh Sir Tim Berners-Lee (penemu World Wide Web), MeWe tidak memiliki iklan pemasaran berbayar.

CEO MeWe Mark Weinstein mengatakan dalam pembicaraannya di TedX, seperti dilansir ZDnet, meskipun kita memeriksa ponsel kita 150 kali per hari, ponsel lebih bergantung pada kita daripada sebaliknya. Dia mengatakan bahwa kita berpartisipasi dalam "peristiwa sosial-ekonomi terbesar dalam sejarah manusia" yakni 'kapitalisme pengawasan'.

Model bisnis Facebook dan raksasa media sosial lainnya saat ini adalah melacak, menganalisis, dan memonetisasi data kita.

Informasi pribadi kita dibagikan dan dijual di seluruh perusahaan data yang digunakan untuk menargetkan dan memanipulasi kita melalui pemasaran dari perusahaan media sosial, pengiklan, dan politisi. Weinstein mengatakan bahwa privasi sejatinya telah menjadi "peninggalan masa lalu".

Semakin banyak waktu yang kita habiskan untuk menggunakan media sosial, semakin banyak pendapatan yang diperoleh perusahaan media sosial tersebut dari pendapatan iklan.

Facebook telah mengembangkan antarmuka otak ke komputer - untuk memungkinkan komunikasi handsfree tanpa perlu mengucapkan sepatah kata pun. Dari sana, Facebook menambang bermacam data pengguna.

China memiliki Sistem Kredit Sosial yang melacak individu-individu untuk 'perilaku yang tidak diinginkan' seperti pengeluaran sembrono, pemilahan sampah, tidak mengunjungi kerabat lansia, menyontek saat ujian, pelanggaran lalu lintas, atau memesan tempat di restoran tetapi tidak datang.

Sistem ini mengatur reward, atau hukuman warga berdasarkan perilaku ekonomi atau pribadi mereka. Mereka yang melanggar dimasukkan ke dalam daftar, lalu mencegah mereka mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, atau mencegah anak-anak mereka bersekolah di sekolah yang baik. Kita membagikan semua informasi ini di Facebook dan alat media sosial lainnya. Akan mudah untuk mengekstrak informasi ini dan menjualnya kepada penawar tertinggi.

MeWe mengatakan bahwa mereka memimpin revolusi privasi di media sosial. Jejaring sosial memiliki Privacy Bill of Rights yang memberi penggunanya kendali penuh atas data dan privasi mereka.

Tidak ada iklan, tidak ada penargetan, tidak ada pengenalan wajah, tidak ada penggalian data, dan tidak ada manipulasi umpan berita.

Tersedia di iOS, Android dan desktop dalam 19 bahasa, MeWe memiliki fitur-fitur seperti: umpan berita untuk kontak dan teman dekat, halaman, obrolan pribadi 1: 1 dan grup, grup pribadi dan terbuka, konten yang bisa menghilang, cerita, kamera khusus dengan kreasi GIF, suara dan video langsung, pesan suara, cloud pribadi penyimpanan, profil grup kustom, kamera ganda dan Jurnal MeWe.

MeWe dinobatkan sebagai Perusahaan Media Sosial Paling Inovatif 2020 oleh Fast Company, Perusahaan Wirausaha Terbaik 2019 di Amerika oleh Majalah Pengusaha, dan Finalis Start-Up of the Year di SXSW.

Cara MeWe Menghasilkan Uang
Lantas, bagaimana MeWe menghasilkan uang? Perusahaan memiliki model pendapatan "Freemium 'yang memberikan pengalaman media sosial dasar kepada pengguna secara gratis, dan menawarkan peningkatan opsional yang dapat mereka beli.

Peningkatan ini termasuk penyimpanan ekstra ($ 3,99 per bulan), panggilan suara dan video langsung ($ 1,99 per bulan), dan jurnal MeWe ($ 1,99 per bulan).

Dengan berlangganan, MeWe dapat menampilkan setiap postingan ke setiap penggemar, teman, atau pengikut, dan tidak membuat algoritme untuk membatasi postingan. MeWe juga memiliki versi MeWe Pro yang dimaksudkan untuk bersaing langsung dengan Slack.

Premium MeWe berharga $ 4,99 per bulan, dan pengguna yang ingin membuat halaman untuk bisnis mereka membayar $ 1,99 per bulan.

Pergeseran kesadaran untuk menjaga privasi mungkin berarti bahwa jumlah pengguna MeWe mungkin terus bertambah.[]