Penulis Inggris Ini Protes Iklan Kecantikan di Instagram
London, Cyberthreat.id - Penulis Inggris Tamsin Winter tampak begitu kesal ketika melihat iklan kecantikan di Instagram keponakan perempuannya yang baru berusia 12 tahun.
Ia mengkritik iklan tersebut seharusnya tak tepat ditujukan dan ditargetkan kepada keponakannya yang masih belia itu. Keponakannya itu baru-baru ini bergabung di jejaring sosial berbagi foto milik Facebook.
Iklan itu menampilkan perempuan dewasa dengan pakaian sporty yang seksi dan iklan makeup. "Ada banyak hal yang Anda pikirkan tentang anak-anak Anda di media sosial, tapi iklan terlewat dari perhatian (Anda)," tutur penulis buku "Being Miss Nobody" itu kepada BBC, yang diakses Rabu (19 Juni 2019).
"Saya bilang ke dia (keponakannya), 'Saya harap kamu tahu ini masalanya bukan kecantikan itu penting.' Dia bilang bahwa banyak temanya sedang diet dan ia kira temannya perlu untuk melihatnya (iklan itu)," ujar Winter.
Tamsin Winter (Foto:YouTube)
Analis dari IHS Markit, Jack Kent, mengatakan, iklan di media sosial cenderung didasarkan pada data anonim yang mencerminkan pemegang akun ketika aktif berinternet. Selain itu, iklan juga pengaruh dari perangkat yang digunakan dan lokasi.
Instagram menyatakan bahwa iklannya muncul didasarkan sejumlah faktor, termasuk akun siapa yang diikuti (follow) dan situs web lain yang sering dikunjungi. Instagram juga menyatakan, iklan kesehatan, kebugaran, dan penurunan berat badan seharusnya ditargetkan pada pengguna yang berusia di atas 18 tahun.
Jika Anda pengguna Instagram dan ingin melihat kategori iklan mana yang telah ditetapkan platform untuk Anda, begini caranya:
Buka menu pengaturan (Settings) di aplikasi, lalu ikuti tahapan berikut: Keamanan (Security)>Akes Data (Access Data)>>Iklan (Ads)>>Minat Iklan (Ads Interest).