Sebulan WFH Diterapkan, Koneksi Internet Kok Tidak Makin Bagus, sih?

Ilustrasi | Foto: freepik.com

Jakarta, Cyberthreat.id – Imbauan bekerja dan belajar dari rumah telah berjalan sebulan lebih sejak Presiden Joko Widodo menyarankan kepada masyarakat pada 15 Maret 2020.

Imbauan itu guna mencegah pandemi Covid-19 semakin meluas. Sejumlah pekerja yang diwawancara oleh Cyberthreat.id , Rabu (22 April 2020), masih mengeluhkan koneksi internet yang lemah, sehingga kurang baik untuk mendukung aktivitas kerja jarak jauh.

Komentar mereka kali ini, dari orang-orang yang berbeda tentunya, masih menunjukkan hal yang sama dengan tulisan yang dibuat Cyberthreat.id dua pekan lalu. Namun, ada pula yang berkomentar positif, seperti yang diutarakan Elizabeth Aurora, seorang mahasiswa yang tinggal di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.


Berita Terkait:


Padahal, Kementerian Komunikasi dan Informatika sebelumnya telah meminta agar para operator seluler dan penyedia layanan internet (ISP) untuk mendukung proses belajar dan bekerja dari rumah.

"Kami juga bersama operator seluler memastikan terjaganya bandwidth yang cukup hingga saat ini. Kita belum ada kenaikan yang terlalu luar biasa, masih di dalam kendali dan kapasitas broadband yang tersedia," kata Menkominfo Johnny G. Plate dalam siaran persnya, Rabu (8 April 2020).

Berikut ini sejumlah komentar pekerja dan pelajar selama menjalani pekerjaan dan belajar jarak jauh:

Bahana Firmanto Aji (26), karyawan swasta di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Selama kantor memutuskan untuk work from home (WFH), jaringan seluler yang saya gunakan untuk bekerja di rumah sangat jelek. Saya menggunakan provider XL Axiata. Di rumah saya jaringan XL sangat jelek, tapi kalau dipakai di lokasi lain, jaringan saya lancar saja. Sepertinya tergantung sama lokasi ya, saya kurang paham juga.

Kondisi ini sangat mengesalkan karena harga paket internet mahal, tapi kualitas tidak sebanding. Hal ini juga sangat mengganggu kalau ada kelas online dan bekerja. Masa iya saya harus keluar dulu baru bisa mengikuti kelas online? Padahal kita sedang Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Elizabeth Aurora (21), mahasiswa, di Pasar Minggu, Jaksel

Selama WFH satu bulan ini, saya tidak mengalami banyak kendala terkait dengan jaringan internet. Kebetulan saya menggunakan salah satu operator anak dari Telkomsel yaitu By.U. Sejauh ini jaringan By.U lancar dan bagus saja sih.

Untuk harga paket dan kualitas jaringan yang saya dapatkan sangat sebanding sih, mungkin bagus juga karena di sekitar tempat saya tinggal tidak banyak yang menggunakan By.U, saya tidak tahu. Selama saya bimbingan Tugas Akhir dan juga rapat saat magang tidak pernah ada gangguan.

Lintang Tribuana (23), karyawan swasta di Tebet, Jaksel

Sejauh WFH selama sebulan ini saya tidak mengalami gangguan sih, kebetulan saya menggunakan 3. Kadang kalau ditempat lain jaringan saya jelek, tapi selama WFH di rumah jaringan saya bagus saja kok. Untuk harga dan kualitas saya rasa sebanding karena saya tidak mengalami gangguan sama sekali.

Widi Setiawan (23), karyawan swasta di Depok, Jawa Barat

Ketika kantor memutuskan WFH penuh di rumah, saya langsung membeli modem dengan provider tertentu. Ternyata jelek dan terpaksa saya harus ganti provider lain yang harganya lebih mahal.

Saya sempat coba ke beberapa perusahaan penyedia jasa jaringan internet, tapi tidak dapat respons. Jadi, mau tidak mau menggunakan tethering dari ponsel pintar yang mana jaringan seluler saja tidak bagus.

Melihat biaya yang sudah dikeluarkan harusnya bisa mendapatkan pelayanan yang lebih baik, sih. Ya kalau bisa harga paket internet dikurangi dan jaringannya diperbaiki, mungkin kita bisa lebih nyaman saat harus bekerja dari rumah.

Devi Permata (24), karyawan swasta di Depok, Jabar

Selama WFH ini jaringan di tempat saya sangat jelek, semakin hari semakin jelek. Padahal untuk bekerja dan meeting dari rumah kan membutuhkan jaringan internet yang stabil dan bagus.

Untuk harga dan layanan jaringan internet yang didapatkan kalau saya nilai tidak sebanding ya, apalagi kita tahu, kalau paket internet dari Telkomsel itu lumayan mahal. Tapi, justru jaringannya sangat mengecewakan.

Mau pasang wi-fi di tengah corona ini kan juga agak susah. Masa iya kita mau keluar ke tempat-tempat yang jaringannya bagus baru kita bisa bekerja? Tentu ini sangat mengecewakan. Padahal, Kominfo dan operator sudah bilang kalau jaringan selama WFH akan stabil, tapi buktinya kita sering mendengar banyak keluhan karena jaringan internet yang sangat jelek.[]

Redaktur: Andi Nugroho