E-Commerce Lokal Terpopuler: Tokopedia, Bukalapak dan Blibli
Cyberthreat.id - Rilis terbaru iPrice di kuartal ketiga 2019 menyatakan tiga e-commerce lokal terpopuler di Tanah Air. Ketiga e-commerce tersebut adalah Tokopedia, Bukalapak dan Blibli. Dua nama pertama tergolong sebagai Unicorn atau e-commerce dengan valuasi mencapai 1 miliar USD alias setara dengan Rp 14 triliun.
Di kuartal ketiga 2019 Tokopedia mendapatkan pengunjung bulanan 65.953.400 perbulan. Bukalapak dengan rata-rata kunjungan 42.874.100 perbulan, sedangkan Blibli mencatatkan rata-rata kunjungan 21.395.600 perbulan.
Di dalam rilisnya, iPrice yang menyebut dirinya sebagai 'situs meta-search' menyatakan kerja sama untuk mendapatkan data pengunjung bulanan lewat kolaborasi dengan SimilarWeb.
"Kami mengambil daftar pemain e-commerce dari website resmi iDEA (Indonesian E-commerce Associaton)," tulis iPrice dalam keterangan yang diterima Cyberthreat.id, Rabu (18 Desember 2019).
"Peta E-commerce Indonesia ini tidak melibatkan e-commerce dengan kategori Travel/Tiket, Penyewaan, Asuransi, Investasi, Pengantar Makanan, Kupon dan Diskon, serta classified ads."
"Kami juga hanya memasukan e-commerce yang memiliki jumlah minimal 100.000 pengunjung bulanan atau minimal 100.000 pengikut di akun media sosialnya."
Untuk merek e-commerce asing terpopuler di Tanah Air diraih oleh Shopee, Lazada dan JD.ID dengan total puluhan juta pengunjung aktif bulanan di Indonesia.
Shopee merupakan e-commerce asing nomor satu di Indonesia dengan total pengunjung aktif bulanan mencapai 55.964.700. Lazada mencatatkan pengunjung sebanyak 27.995.900, kemudian diikuti JD.ID sebanyak 5.524.000 pengunjung bulanan.
Berikut enam e-commerce populer di Indonesia
1. Tokopedia - pengunjung bulanan 65.953.400.
2. Shopee - pengunjung bulanan 55.964.700.
3. Bukalapak - pengunjung bulanan 42.874.100.
4. Lazada - pengunjung bulanan 27.995.900.
5. Blibli - pengunjung bulanan 21.395.600.
6. JD.ID - pengunjung bulanan 5.524.000.