Bantu Pebisnis Online, PT Pos Bikin Layanan Q9, Apa Itu?

Petugas mengecek paket pos di Kantor Pos Besar Jakarta, Rabu (26/9/2018). Antara/Galih Pradipta

Jakarta, Cyberthreat.id – PT Pos Indonesia (Persero) baru saja merilis layanan Q9 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di era teknologi infomasi seperti saat kini.

"Q9 adalah layanan untuk pengiriman paket dalam kota yang kita targetkan bisa sampai dalam waktu 9 jam,” kata Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia, Ihwan Sutardiyanta seperti dikutip dari Antaranews.com, Senin (9 September 2019).

“Jadi pada hari yang sama kami harap bisa sampai, bisa dikirim lewat kantor pos maupun agen pos," kata Ihwan di Kantor Pos Bandung.

Bagi para pebisnis online dan pelaku UKM, menurut dia, aspek kecepatan, keamanan dan kepraktisan pengiriman barang menjadi bagian penting dari kesuksesan usaha.

Untuk itu, kata dia, layanan baru tersebut dapat mendukung kelancaran usaha para pebisnis ini.

Layanan pengiriman barang sehari dalam kota ini memiliki biaya Rp12 ribu per kilogram dengan maksimal pengiriman 5 kilogram. Layanan tersebut sudah hadir di sekitar 60 kota yang memiliki aktifitas bisnis pesat.

Berikut beberapa keunggulan produk Q9 yang ditawarkan oleh Pos Indonesia :

Pertama, selain layanan di loket-loket Kantor Pos dan Agenpos, Q9 menyediakan layanan jemput kiriman (pick-up service) oleh pasukan O-Ranger dengan menghubungi Call Center 1500261.

Kedua, hingga akhir bulan Desember 2019 berlaku promo gratis ongkos kirim untuk pengiriman berikutnya apabila kiriman tidak tiba di hari yang sama.

Ketiga, Q9 membuka layanan COD (cash on delivery) atau bayar di lokasi tujuan dengan persetujuan dari pengirim Dilengkapi dengan aplikasi payment Pos Giro Mobile.

Keempat, tersedia notifikasi yang akan dikirim kepada penerima barang sesaat setelah kiriman di pos-kan melalui loket Kantor Pos, O-Ranger maupun Agen pos.