Bekraf Targetkan 60 Pre-Startup Lahir di BEKUP Yogyakarta

Direktur Fasilitasi Infrastruktur TIK Bekraf, Muhammad Neil El Himam, di Bootcamp BEKUP 2019, Yogyakarta, Jumat (16 Agustus 2019)

Yogyakarta, Cyberthreat.id - Terus meningkatnya populasi pengguna internet di Indonesia secara positif memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi digital. jumlah startup di Indonesia terus bertambah seiring meningkatnya sektor ekonomi digital kreatif.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) lewat program terencana mendorong tumbuh kembang bisnis kreatif berbasis teknologi. Saat ini, Bekraf tengah menyelenggarakan BEKRAF For Pre-Start Up (BEKUP) gelombang kedua di tahun 2019 yang pada 16 Agustus hingga 10 Oktober 2019 di Yogyakarta. 

BEKUP tahun ini menargetkan 60 pre-startup lahir di Yogyakarta. Adalah sebuah program yang dirancang khusus untuk mematangkan integrasi ekosistem startup dari hulu sampai ke hilir melalui peningkatan kompetensi modal manusia. 

Program ini membantu startup terutama pada tahap awal dengan memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan serta ruang kerja.

"Indonesia ingin menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020 sehingga pemerintah bergerak cepat untuk mencapai hal tersebut," kata Direktur Fasilitasi Infrastruktur TIK Bekraf, Muhammad Neil El Himam di Yogyakarta, Jumat (16 Agustus 2019).

BEKUP memberikan dukungan dengan menyediakan wadah inkubasi bagi pelaku usaha pemula terutama pada tahap awal (pre-start up).

"Kami menginginkan program ini dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan para pendiri startup digital dan melahirkan pelaku usaha ekonomi digital yang kuat, andal dan inovatif."

Sejak diselenggarakan tahun 2017 BEKUP telah memberikan 
pendampingan terhadap calon pendiri startup digital di 18 kota terpilih. Berikutnya BEKUP 2019 juga hadir di 3 kota terpilih yaitu; Bandung (Juni-Agustus), Yogyakarta (Agustus-Oktober) dan Depok (Oktober-Desember). 

BEKUP gelombang 2/2019 akan berlangsung selama 2 bulan yang terdiri dari 5 rangkaian program yaitu Bootcamp, Team Consultation, Mid Evaluation, Routine Review Journey dan Final Evaluation.

Dari 5 rangkaian tersebut, topik pembekalan yang diberikan antara lain tren teknologi, tren model bisnis, perancangan model bisnis, analisa pasar, observasi calon konsumen, eksperimen pitch dan pengembangan landing page, pengembangan produk, eksperimen Wizard of Oz dan Pengantar UX / UI.