Operator Telko Siapkan Cadangan Pasokan Listrik
Jakarta,Cyberthreat.id - Operator telekomunikasi menyiapkan backup cadangan pasokan listrik, untuk mengantisipasi pemadaman listrik, yang saat ini masih dalam tahap pemulihan yang dilakukan oleh PLN.
Backup cadangan pasokan tersebut, seperti, perangkat baterai dan mobile back up power/ mobile genset yang ditempatkan di sejumlah titik.
Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel mengatakan, pasca pemadaman pasokan listrik PLN di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan sekitarnya, Telkomsel terus memaksimal upaya terbaik guna memastikan percepatan pemulihan layanan Telkomsel secara menyeluruh.
“Saat ini, seluruh perangkat pendukung untuk menstabilkan pasokan listrik ke seluruh titik alat produksi Telkomsel, seperti perangkat baterai dan mobile back up power/ mobile genset sudah disiagakan di seluruh titik, terutama untuk mengantisipasi jika akan ada rencana pemadaman bergilir oleh PLN di sejumlah titik lokasi,” kata Denny melalui pesan singkat, Senin, (5 Agustus 2019).
Sementara itu, untuk transaksi aktivasi layanan, Denny memastikan, pelanggan tetap dapat memanfaatkan sejumlah fasilitas atau fitur yang tersedia, seperti fitur layanan UMB, aplikasi MyTelkomsel, customer touch point baik itu di GraPARI, Mitra Outlet, call center 188, hingga virtual assistant Telkomsel.
“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan untuk tetap memanfaatkan layanan Telkomsel guna pemenuhan kebutuhan akses komunikasi,” ujar Denny.
Sedangkan, Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengungkapkan, pihaknya juga melakukan antisipasi, melalui penyediaan batreri cadangan, dan genset, serta rekayasa pengaturan trafik jaringan.
“Antisipasi yang telah dilakukan oleh tim teknis XL Axiata dalam menghadapi kondisi darurat seperti ini telah berhasil meminimalisir dampak buruk pada layanan. Langkah antisipasi tersebut antara lain berupa menyediaan baterai cadangan dan genset dalam jumlah yang memadai, serta rekaya pengaturan trafik jaringan,” jelas Tri.
Tri menjelaskan, akibat dari pemadalam listrik oleh PLN, cecara umum, sampai dengan saat ini hanya sekitar 20% jaringan XL Axiata di Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah yang terdampak dan mengalami penurunan kualitas jaringan.
“Penurunan kualitas yang dimaksud terutama berupa berkurangnya kecepatan dan kestabilan akses internet, serta akses voice. Tidak setiap pelanggan mengalami penurunan kualitas layanan meskipun di lokasi tempatnya berada mengalami pemadaman listrik,” ungkap Tri.
Sedangkan, untuk Area Jawa Timur, sekitar 1% jaringan XL Axiata yang terdampak dan mengalami penurunan kualitas akses internet dan voice.
“Hingga saat ini pemulihan kondisi jaringan terus dilakukan tanpa menunggu pulihnya pasokan listrik. Hasilnya, semakin berkurang jaringan yang terdampak. Kami berharap pasokan listrik dapat segera kembali normal,” ungkap Tri.
Sementara itu, Turina Farouk, SVP - Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo mengungkapkan, jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo saat ini telah kembali normal melayani seluruh pelanggan.
Sebelumnya jaringan Indosat Ooredoo juga mengalami kendala sehubungan gangguan pasokan listrik di beberapa daerah seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
"Tim teknikal kami di lapangan terus menerus bekerja untuk memastikan kondisi jaringan tetap normal untuk menjaga kualitas layanan bagi pelanggan,” tegas Turina.