EV Growth dan Rakuten Ikut Suntik Dana ke ShopBack

ShopBack.com

Jakarta, Cyberthreat.idShopBack, platform pemberi diskon dan promo cashback, mendapat suntikan dana sebesar US$45 juta atau setara Rp643,5 miliar (nilai kurs Rp14.300) dalam seri pendanaan terbaru.

Pendanaan tersebut berasal dari EV Growth, Rakuten, EDBI; investor strategis asal Singapura; serta beberapa investor lain.

EV Growth adalah perusahaan yang dibentuk oleh Sinar Mas Digital Ventures dan East Ventures dan Yahoo. Sementara, Rakuten adalah perusahaan internet dan perdagangan elektronik asal Jepang.

Dengan suntikan dana ini, total pendanaan ShopBack menjadi US$83 juta atau setara Rp1,18 triliun.

Bersamaan dengan pendanaan ini, Amit Patel selaku CEO Ebates, Inc., perusahaan dari Rakuten, dan Wilson Cuaca selaku Managing Partner of EV Growth akan bergabung menjadi jajaran Dewan Direksi ShopBack.

“Pertumbuhan pengguna yang sangat cepat, merupakan bukti kuat terhadap nilai yang kami berikan kepada mitra dagang serta pengguna di seluruh kawasan Asia Pasifik. Kami sangat bersemangat memberikan manfaat lebih saat belanja kepada pengguna, sekaligus membantu mereka dalam menghemat uang dan waktu,” kata Yolanda Margareth, Head of Business Development Shopback Indonesia melalui siaran pers, Rabu (10/4/2019).

Menurut Yolanda, Shopback selain memberikan reward cashback kepada pengguna yang melakukan pembelanjaan online juga telah menciptakan fitur-fitur baru guna meningkatkan pengalaman belanja pengguna.

“Pada 2018, ShopBack mengalami pertumbuhan order dan penjualan sebesar 250 persen (y-o-y). ShopBack juga mencatat lebih dari 2,5 juta transaksi per bulan di lebih 7 juta pengguna di 7 negara kawasan Asia Pasifik, dengan nilai penjualan hampir mendekati US$ 1 juta atau Rp 143 miliar untuk lebih 2000 mitra dagang baik di ranah online maupun offline,” jelas Yolanda.

Yolanda melanjutkan, pendanaan terbaru itu akan digunakan untuk menyederhanakan pengalaman belanja pengguna, memperluas kemampuan penganalisaan data guna memberikan insight baik dari segi bisnis maupun personal, serta mempercepat pertumbuhan di pasar-pasar utama ShopBack.

Shopback masih berfokus dalam membangun fitur penemuan dan pemberian cashback rewards untuk meningkatkan pengalaman belanja masyarakat baik secara online dan offline di kawasan Asia Pasifik,” tutur Yolanda.