Pengguna Muda Instagram Beralih ke Akun Bisnis, Amankah?
Cyberthreat.id – Di kalangan anak muda sedang tren mengubah akun Instagram pribadinya menjadi profil bisnis. Ini berarti menaruh privasi pengguna untuk bisa diakses publik.
Berubah menjad profil bisnis berarti pengguna Instagram setuju untuk memberikan nomor telepon dan emailnya kepada publik di aplikasi. Padahal, banyak media sosial, termasuk Instagram, menetapkan usia minimal pengguna adalah 13 tahun.
Pilihan tersebut memang dapat membahayakan privasi pengguna dan teman-temannya, demikian menurut David Stier, ilmuwan data independen, yang menganalisis sekitar 200 ribu akun di seluruh dunia seperti dikutip dari Bloomberg, yang diakses Minggu (28 Juli 2019).
"Siapa pun dapat mengonversi akun Instagram mereka ke profil bisnis," kata Instagram dalam sebuah pernyataan.
"Kami mengizinkan ini karena kami ingin siapa pun di Instagram dapat memulai bisnis jika mereka mau. Selama proses pengaturan, kami mengingatkan orang bahwa informasi kontak mereka akan dapat diakses oleh orang lain, dan memungkinkan mereka untuk memperbarui atau menyembunyikan informasi itu."
Dalam analisisnya, David mengatakan, telah memverifikasi usia orang melalui informasi yang ditampilkan di bio atau profil pengguna. Namun, ketika meninjau lebih detail lagi, ternyata sebagian besar dari mereka bukanlah pebisnis, tetapi orang-orang biasa, kadang-kadang hanya dengan ratusan pengikut.
Setelah ia melaporkan masalah tersebut ke Facebook, Instagram membuat informasi kontak disamarkan. Namun, Facebook mengatakan tidak menganggap temuannya sebagai kerentanan keamanan karena pengguna membuat pilihan sendiri tentang informasi apa yang akan ditampilkan.
David berpendapat bahwa terlepas dari pilihan itu, Instagram dapat melindungi privasi pengguna,misalnya, mengirimi email dan menelepon orang tersebut agar tak menampilkan detail pribadinya. Banyak akun bisnis menggunakan kontak, misalnya, atau email yang dianonimkan.
“Instagram dapat melakukan hal yang sama untuk anak di bawah umur,” kata David.
Instagram telah mengaburkan batas antara pribadi dan profesional, karena begitu banyak orang biasa menggunakan profil mereka untuk tujuan ekonomi, untuk menciptakan merek, fotografi atau gaya hidup mereka.
Di pengaturan Instagram saat pengguna akan mengubah menjadi akun profesional ditawari dua opsi: (a) sebagai “kreator” artinya sangat sesuai untu tokoh publik, pembuat konten, artis, dan influencer. Lalu, (b) “bisnis” artinya sangat sesuai untuk peritel, bisnis lokal, merek, organisasi, dan penyedia layanan.
Akhirnya, lagi-lagi, semua terserah pada Anda asalkan tahu apa konsekuensi yang diambil: apakah mau mengubah ke profil bisnis atau tidak, pertimbangkan dulu tujuannya...