TeamViewer Hapus Pembaruan, Pengguna Diminta Pakai Versi Lama
Cyberthreat.id – TeamViewer menarik kembali perangkat lunak versi terbarunya lantaran ada gangguan yang menampilkan tulisan: “Connection not established. Authentication Cancelled Error”.
Gangguan tersebut memblokir koneksi masuk pengguna perangkat lunak akses jarak jauh tersebut. Di kalangan TI, perangkat lunak TeamViewer sangat membantu ketika bekerja dari jarak jauh.
Di masa pandemi Covid-19, karyawan tetap bisa bekerja dari rumah atau dari mana saja, tanpa harus kehilangan waktu. TeamViewer juga mendukung transer data serta panggilan video untuk rapat virtual.
Temuan eror itu dilaporkan oleh pengguna TeamViewer di situsweb komunitas TeamViewer. Masalah terjadi pada versi 15.35.7 yang menolak untuk menerima koneksi masuk, bahkan koneksi LAN, tulis pengguna dengan akun Scooter256.
Ternyata laporan yang sama berdatangan dari sejumlah pengguna lain. “Saya me-restart kedua komputer, tapi masih gagal. Uninstall da instal ulang TeamViewer, masih gagal juga,” kata pengguna akun swankyb.
Setelah mendapatkan laporan itu, internal perusahaan langsung menyelidiki masalah. Sehari kemudian, pembaruan versi 15.35.7 akhirnya dicabut dari server perusahaan.
Pengguna yang telah melakukan pembaruan disarankan oleh perusahaan untuk memakai versi sebelumnya. “File pembaruan telah ditarik dari situsweb kami, pengembang kami tengah menangani masalah ini. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata moderator komunitas.
Solusi sementara
Hingga perusahaan menyediakan versi baru, pengguna dapat melakukan langkah berikut ini untuk mendapatkan perangkat lunak versi lama:
- Buka Extras> Options> Advanced pada sistem, kemudian nonaktifkan pembaruan otomatis. Atur aplikasi agar tidak pernah memeriksa pembaruan, dan klik OK.
- Uninstall versi yang ada, tetapi pastikan tidak menghapus konfigurasi saat ini dengan mencentang opsi "hapus pengaturan".
- Instal ulang versi yang lebih lama, seperti TeamViewer 15.35.5, dari situsweb perusahaan.[]