Aplikasi PLN Mobile Ditargetkan Jangkau 15 Juta Pengguna Akhir 2021

Aplikasi PLN Mobile | Foto: PLN

Cyberthreat.id – Aplikasi token listrik milik negara, PLN Mobile, tercatat hingga kini akhir Oktober 2021 telah diunduh lebih dari 13,2 juta pengguna sejak diluncurkan pada 18 Desember 2020.

PLN Mobile bagian dari transformasi yang dilakukan PT Perusahaan Listrik Negara untuk menjawab tantangan zaman yang serbacepat, mudah dan efisien, serta menyesuaikan kelompok milenial yang melek teknologi.

Adapun fitur-fitur utama, antara lain pembelian token, pembayaran tagihan listrik, layanan listrik (pasang baru, ubah daya, dan simulasi biaya permohonan), catat meter mandiri melalui swacam, hingga layanan pengaduan.

PLN menargetkan hingga akhir tahun ini pengguna aplikasinya akan mencapai 15 juta pengguna.

Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, mengatakan, melalui PLN Mobile pelanggan juga bisa mendapatkan notifikasi apabila akan terjadi pemadaman terencana. Termasuk, fitur “Info Stimulus Listrik” yang dapat mengecek apakah pelanggan tersebut terpilih sebagai penerima stimulus atau tidak.



PLN Mobile tidak hanya melayani kebutuhan listrik harian masyarakat, juga menyediakan fitur “Charge.IN” yang memberikan kemudahan bagi pemilik Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

“Pelanggan PLN dapat mengetahui lokasi stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) terdekat. Selain itu, ‘Charge.IN’ bisa mengontrol dan memonitor proses pengisian baterai mobil atau motor listrik di SPKLU,” ujar Direktur Niaga dan Manajemen Bisnis PLN, Bob Saril dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Jumat (29 Oktober 2021).

PLN tengah mengembangkan layanan home charging karena 80 persen pemilik kendaraan listrik mengisi dayanya di rumah, “Kami memberikan diskon tarif khusus jika pelanggan mengisi kendaraannya pada pukul 10 malam hingga 5 pagi," ucapnya.

PLN Mobile juga sudah diperkuat dengan fitur “ListriQu” untuk menerima keluhan pada instalasi listrik pelanggan. Pelanggan dengan mudah dan cepat dapat meminta bantuan petugas PLN untuk memperbaiki instalasi listrik dalam rumah. Fitur ini juga menjadi salah satu terobosan PLN untuk meningkatkan customer experience.

"Permasalahan jadi lebih cepat selesai dalam satu genggaman. Memakai sistem GPS yang akurat membuat PLN bisa langsung mengetahui lokasi pelanggan dan menerjunkan petugas yang paling dekat dengan pelanggan," kata Bob.

Di luar teknis kelistrikan, PLN Mobile juga menyediakan fitur “Iconnet” yang menyediakan layanan internet boardband, dengan memanfaatkan jaringan transmisi yang sudah tersebar luas.[]