Pengguna Chromebook Keluhkan Layar Hitam setelah Login

Chromebook | Foto: Unsplash | Andrew Neel

Cyberthreat.id – Sebuah gangguan berupa layar hitam muncul di perangkat Chromebook saat pengguna mencoba masuk (login) ke akun sistem operasi ChromeOS.

Perusahaan menuturkan telah memperbaiki masalah tersebut di sisi server terkait sejumlah akun pengguna yang tidak dapat masuk ke ChromeOS dan mendapati perangkat berupa layar hitam.

Sejauh ini, Google belum membagikan versi sistem operasi yang terpengaruh oleh masalah tersebut, tulis BleepingComputer, diakses Rabu (15 September 2021).

Pelanggan yang masih mengalami masalah disarankan untuk mengontak bagian pelanggan.

Sebelumnya, beberapa laporan pengguna mengeluhkan di media sosial dan komunitas bantuan Google karena tidak dapat masuk ke perangkat mereka. Mereka mengatakan, tidak dapat masuk dan secara otomatis ditendang kembali ke halaman masuk.

Sementara yang lain mengeluhkan halaman layar sepenuhnya hitam.

“Saya telah mencoba sepenuhnya mematikan dan melakukan hard reset, tapi tidak ada yang berhasil,” demikian keluhan seorang pengguna Chromebook.

Masalah tersebut bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya, tepatnya dua bulan lalu, pengguna Chromebook juga mengalami masalah parah lainnya. Pengguna tidak bisa masuk ke perangkat setelah memperbarui ChromeOS 91.0.4472.165.

Menurut BleepingComputer, pengguna yang masih mengalami masalah mungkin dapat mengatasinya dengan mengembalikan perangkat ChromeOS ke versi sebelumnya melalui USB atau powerwashing (menyetel ulang Chromebook ke setelan pabrik).

Sebelum menyetel ulang ke perangkat sebelumnya, pengguna harus mencadangkan file ke hard drive eksternal atau di Google Drive karena semua informasi di hard drive Chromebook, termasuk semua file di folder Unduhan akan dihapus. Perlu dicatata, Chromebook yang terdaftar di jaringan kantor atau sekolah harus disetel ulang oleh administrator yang mengelola perangkat Google.[]